Category

Monday, January 30, 2012

Toleransi Kebersamaan Dan Sopan Santun


KATA PENGANTAR

Tidak lupa kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Ida Sang Hyang Widhi karena Kami menyadari bahwa berkat rahmatnyalah kami dapat menyelesaikan kliping dengan judul Toleransi, Kebersamaan dan Sopan Santun.
Karena saat ini sikap toleransi dan sopan santun sudah mulai berkurang di masyarakat dan itu dapat menimbulkan perbedaan dan pertengkaran. Oleh karena itu kami menyusun kliping ini dengan tujuan agar setiap orang yang membaca kliping ini dapat mengetahui lebih jauh tentang toleransi, kebersamaan dan sopan santun sehingga terjadi hubungan yang baik antar masyarakat.
Kami menyadari bahwa kliping ini masih terdapat kekurangan dan kelem
ahannya, oleh karena itu, kritik dan saran para pembaca akan kami terima dengan senang hati demi penyempurnaan kliping ini di masa yang akan datang.






























ii
 











DAFTAR ISI


Kata Pengantar……………………………………………………………………ii
Daftar Isi…………………………………………………………………………iii

BAB I
Pengertian Toleransi…………………………………………………………….1
Manfaat Toleransi……………………………………………………………….1

BAB II
Faktor yang menghambat sikap toleran…………………………………………2
Kebersamaan…………………………………………………………………….2

BAB III
Kesimpulan……………………………………………………………………...3


























iii
 



BAB I

Pengertian

Toleransi artinya sifat atau sikap toleran, dua kelomp yang berbeda kebudayaan itu saling berhubungan dengan penuh, batas ukur untuk penambahan atau penurangan yang masih diperbolehkan, penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja (Kamus Besar Bahasa Indonesia, terbita Balai Pustaka). Toleransi berarti bersikap tenggang rasa, bersikap menghargai pendirian orang lain, penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja.. Secara umum toleransi diartikan sebagai sikap untuk menghormati pendirian/keyakinan orang lain yang bertindak sesuai ajaran agama, adat istiadat suku, ata budayanya. Sikap toleransi sangat perlu kita pahami. Sebagai konskuensi sikap toleransi ini,diusahakan agar persatuan dan kesatuanbangsa dan negara selalu dibina dan dipertahankan.sikap ini tidak terlepasdari usaha untuk mendahulukan kepentingan bansa dan negara diatas kepentingan pribadi, golongan, suku, agama dan adat istiadat kita masing-masing. Rasa nasionalisme ini harus  terus dibina, karena rasa nasionalisme dapat mengatasi paham golongan, ras suku, agama dan menumbuhkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa. Hakekat nasionalisme indonesia sebenarnya sudah terkandung dalam pembukaan UUD 1945, batang tubuh UUD 1945, ketetapan-ketetapan MPR serta perundang undangan yang berlaku di indonesia.  


MANFAAT TOLERANSI

Bersikap toleran merpakan prilaku baik yang dituntun oleh perasaan dan cara berpikir yang baik. Sikap toleransi antar individu akan melahirkan pola hubungan yang baik di tengah masyarakat. Setiap wara masyarakat akan merasakan keamana dan kenyamanan untuk menjalankan keyakinan atau tradisinya. Sikap toleran dari orang lain akan dibalas dengan sikap penghargaan yang serupa. Begitulah hukum pergaulan yang berlau d tengah masyarakat. Sebaliknya, sikap yang tidak toleran akan menciptakan sekat-sekat di tengah masyarakat. Hal ni diperparah dengan adanya perbedaan status sosial, tingkat kesejahteraan yang berbeda, dan pertentangan antar keyakinan. Dalam lingkungan yang seprti itu, pecahnya konflik tinggal menunggu waktu saja. Dari itu, toleransi adalah satu-satunya obat penawar semua pihak. Sikap toleransi menjadi sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Konflik yang terjadi di masyarakat merupakan tanda mulai menurunnnya sikap toleransi. 
Toleransi merupakan kebajikan moral berharga yang dapat mengurangi kebencian, kekerasan dan kefanatikan. Dengan toleransi, kita juga dapat memperlakukan orang lain secara baik, hormat dan penh perhatian. Toleransi tidak melarang kita melakukan penilaian moral, tetapi menuntut kita menghargai perbedaan.








1
 


Faktor-Faktor Yang Menghambat Tumbuhnya Sifat Toleran

Menurut michele borba, dalam buku membangun kecerdasan moral, ada beberapa faktor yang menghambat tumbuhnya toleransi :
1. kekurangan dukungan masyarakat. Dukungan masyarakat saat ini mulai runtuh, sehingga tidak lagi ada hubungan antar manusia yag tersedia bagi anak-anak. Budaya yang berkembang banyak yang meracuni sehingga yan timbul hanyalah kebencian.
2. musik bermuatan kebencian. Musik dan CD yang mengandung lirik kebencian, kekejaman dan rasialisme sangat rentan membuat seseorang kehilangan toleransinya.
3. prasangka buruk dan stereotip acara televisi. Pemberitaan yang tidak seimbang yang dimuat di TV akan bisa mengurangi sikap toleransi.

Cara mengatasi krisis toleransi :
  1. jangan mau mendengarkan komentar yang bernada mendiskriminasikan.
  2. kenai prasangka yang ada dalam diri sendiri dan berusahalah untuk mengubahnya.
  3. jadikanlah diri anda contoh hidup bagi orang lain.


KEBERSAMAAN

Sikap toleran akan tumbuh subur jika dalam diri ada jiwa kebersamaan dan dalam kebersamaan timbul rasa cinta kasih. Kebersamaan mangandung makna hidup bersama, saling merasakan suka maupun duka, adanya rasa senasib dan sepenanggungan. Kebersamaan akan dapat menimbulkan sikap yang tidak mementingkan diri sendiri, meningkatkan rasa kepedulian kepada orang lain yang merupakan kewjiban hidup yang harus dilaksanakan dengan penuh ketulusan.


MELAKSANAKAN TOLERANSI DI BERBAGAI LINGKUNGAN

Di Lingkugan Keluarga
Dalam keluarga hendaknya terjalin hubungan timbal balik antara orangtua dengan anak. Semua pihak dalam keluarga harus saling hormat menghormati, saling harga menghargai antar anggota keluarga.

Di Lingkunan Masyarakat
Dalam masyarakat terdapat warga masyarakat dari berbagai latar belakang, suku, rasta, budaya dan agama. Masing-masing individu harus menyadari bahwa kita berada dalam suatu negara kesatuan dan satu bangsa yaitu bangsa indonesia

Dalam Kehidupan bernegara
Demokrasi Pancasila mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Untuk itu maka msing-masing pihak harus bertoleransi, belajar menghargai dan menghormati suara terbanyak, walaupun tidak cocok di hati.




2
 


BAB II

Kesimpulan

Saat ini era globalisasi yang sedang merambah ke seluruh penjuru dunia termasuk indonesia. Banyak manfaat yang diperoleh dari darinya, tetapi dari sisi sekecil apapun tentu akan memiliki sisi ngatif baik di dunia poitik, ekonomi, sosial budaya, maupun tehadap prilaki seseorang. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan sikap toleransi, dan sopan santun yang mulai menurun di masyarakat untuk menguatkan jati diri dan kepribadan agar tidak mudah terjadi perpecahan.

 
Oleh
Kelompok III (X4)
  • Addy Putra Indrawan             (01)
  • Bagus Adi Guna                     (08)
  • Dharma Dewantara                 (13)
  • Gede Ratdana                         (21)
  • Indra Matarisvan                     (22)
  • Kristian Wisnu Saputra           (23)

SMA Negeri 1 NEGARA
2010/2011


No comments:

Post a Comment