Category

Friday, August 20, 2021

CONTOH MAKALAH ERP "Fungsi Area Dan Bisnis Proses Pada Usaha Percetakan Traffic"

Untuk File Rapi dan Lengkap dalam bentuk .DOC silahkan download DISINI 




KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat rahmatnya, kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Fungsi Area dan Bisnis Proses pada Usaha Percetakan Traffic ini tetap pada waktunya.

            Dalam penyusunan makalah ini, kami mengambil materi bahasan dari beberapa sumber seperti dari Internet, dan berbagai sumber lainnya. Tidak lupa pula mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak dalam penyusunan makalah ini sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Penulis berharap dengan disusunnya makalah ini dapat menjadikan salah satu sumber bacaan yang dapat beguna bagi para pembaca.

            Penulis menyadari tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula pada makalah yang kami susun ini. Penulissangat menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat pada bahasan makalah yang kami susun, sehingga tidak lupa pula meminta kritik dan saran membangun dari pembaca agar dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan selanjutnya.

            Akhir kata penulis mengharapkan makalah yang kami susun ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian, dan mohon maaf atas segala kekurangan pada makalah ini.

 

 

                                                                                    Singaraja, 2 Oktober 2016

 

 

                                                                                    Penulis

                                                                                            

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR. 1

DAFTAR ISI 3

BAB I 4

1.1      Latar Belakang. 4

1.2      Rumusan Masalah. 6

1.3      Tujuan. 6

1.4      Manfaat 6

BAB II 8

KAJIAN TEORI 8

2.1      Gambaran Umum Usaha Percetakan Traffic. 8

2.1.1       Data Perusahaan. 8

2.1.2       Produk Yang Dihasilkan. 9

2.1.3       Gambaran Pasar 11

2.2      Area Fungsional Percetakan Traffics 12

2.2.1       Marketing and Sales (M/S) 13

2.2.2       Supply Chain Management (SCM) 13

2.2.3       Accounting and Finance (A/F) 13

2.2.4       Human Resources (HR) 14

2.3      Proses Bisnis Percatakan Traffic. 14

2.3.1       Marketing and Sales (M/S) 14

2.3.2       Supply Chain Management (SCM) 15

2.3.3       Accounting and Finance (A/F) 16

2.3.4       Human Resources (HR) 16

BAB III 20

PENUTUP. 20

3.1      Kesimpulan. 20

3.2      Saran. 20

Daftar Pustaka. 21

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

 

            Manajemen bisnis merupakan upaya pengaturan secara menyeluruh guna menjalankan sebuah usaha bisnis yang profesional dan menghasilkan tujuan bisnis yang diinginkan. Manajemen bisnis dibutuhkan dalam rangka tercapainya sebuah tujuan sebuah usaha bisnis baik dari aspek profit maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh pihak pengelola bisnis.

            Sebuah proses pengaturan diperlukan agar sebuah usaha tidak sembarangan, mampu melakukan perencanaan, target-target yang diinginkan serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan sebuah resiko usaha bisnis. Sebuah langkah profesional yang dilakukan sebelum merancang sebuah manajemen bisnis biasanya dilakukan dengan membuat sebuah rancangan global sebuah bisnis atau yang dikenal dengan business plan. Beberapa hal yang menjadi patokan utama manajemen bisnis diantaranya adalah beberapa hal berikut ini:

·       Manajemen produksi

Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan pembuatan maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.

·       Manajemen pemasaran

Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.

            Tanpa adanya sebuah manajemen pemasaran yang baik, maka sebuah perusahaan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutupun bisa terjual laris apabila perusahaan Anda memiliki seorang manajer pemasaran yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.

·       Manajemen distribusi

Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.

·       Manajemen finansial

Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

            Tanpa adanya sebuah manajemen bisnis yang baik di bidang keuangan, maka biasanya perusahaan tidak mendapatkan data keuangan yang jelas. Hal ini biasa dialami oleh para pengelola bisnis kecil yang masih amatiran, dimana manajemen keuangan jarang diperhatikan sehingga untung atau ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit ditentukan.

            Beberapa bentuk manajemen bisnis di atas sangat penting diperhatikan oleh para pengelola usaha bisnis yang ingin sukses dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan mampu berjalan dengan baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya

            Suatu perusahaan tentunya tidak terlepas dari yang namanya areal fugsional dan sistem bisnis. Setiap perusahaan tentunya memiliki sistem bisnis yang mana terdapat manajemen bisnis didalamnya. Untuk mengetahui salah satu ciri, sistem bisnis dan area fungsional dalam suatu perusahaan, maka kami membuat makalah yang berjudul “Fungsi Area dan Bisnis Proses pada Usaha Percetakan Traffic”

 

1.2  Rumusan Masalah

 

Berdasarkan permasalahan pada latar belakang, maka penulis memiliki rumusan masalah yang dijadikan dasar pada makalah ini, yaitu:

1.     Bagaimana gambaran umum Usaha Percetakan Traffic?

2.     Bagaimana area fungsional yang dimiliki Usaha Percetakan Traffic?

3.     Apa saja proses bisnis yang dimiliki Usaha Percetakan Traffic?

4.     Apa software ERP yang terkait dengan proses bisnis pada Usaha Percetakan Traffic?

 

1.3  Tujuan

 

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka penulis memiliki tujuan dalam makalah ini, yaitu:

1.     Untuk mengetahui gambaran umum Usaha Percetakan Traffic

2.     Untuk mengetahui area fungsional pada Usaha Percetakan Traffic

3.     Untuk mengetahui proses bisnis pada Usaha Percetakan Traffic

4.     Untuk mengetahui software ERP yang terkait dengan proses bisnis pada Usaha Percetakan Traffic

 

1.4  Manfaat

 

Adapun manfaat dalam pembuatan makalah ini, yaitu:

1.     Menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang sistem bisnis tentang

2.     Mengasah pikiran untuk menganalisa permaslahan di lingkungan dan mencari jalan keluar untuk memecahkan permasalahan tersebut.

3.     Menambah wawasan terkait dengan penggunaan area fungional terkait dengan perusahaan

4.     Mengetahui aplikasi yang terkait dengan sistem bisnis khusunya aplikai ERP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

KAJIAN TEORI

 

2.1  Gambaran Umum Usaha Percetakan Traffic

 

Percetakan Traffic merupakan sebuah usaha yang sedang maju di Singaraja. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan yang menguntungkan, yaitu terledak di dekat kampus UNDIKSHA. Berbagai kegiatan dilakukan di kampus tersebut, sehingga diperlukan percetakan dalam membantu mencetak kartu nama, spanduk, baliho guna untuk melancarkan kegiatan tersebut.

Percetakan Traffic sudah dikenali oleh masyarakat Singaraja yang terkenal dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, yaitu Undangan pernikahan yang selalu berbeda-beda (special design), produk yang di hasilkan sesuai dengan permintaan pelanggan, Pemberian potongan harga (diskon) bagi pelanggan yang memesan banyak, Perancangan produk yang terus di kembangkan dengan desain-desain baru yang menarik, Penguasaan teknologi produksi sehingga mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi.

Percetakan Traffic yang memiliki data perusahaan yang meliputi data perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, E-mail, gambaran pasar yang mana data perusahaan ini akan mencerminkan usaha ini bergerak dalam bidang apa dan produk atau jasa apa yang diproduksi oleh perusahaan ini. Berikut adalah data dari perusahaan yang penulis dapatkan dari melakukan wawancara:

2.1.1       Data Perusahaan

 

Nama Usaha

 

 

: Percetakan Traffic

Bidang Usaha 

 

 

: Percetakan

Jenis Produk/Jasa

 

 

: Undangan Pernikahan, Undangan

  Khitanan, Baliho, Spanduk, Kartu Nama, dan Segala Jenis Cetakan

Alamat Perusahaan

 

 

: Jalan Udayana, No. 2, Singaraja, Bali.

Nomor Telepon

 

 

: 0878 6329 5999

Facebook

 

 

: Traffic digital printing&advertising

Situs Web        

 

 

: http://trafficdigitalprinting.blogspot.co.id/

Mulai Berdiri 

 

 

: 2008

Lokasi dan fasilitas Perusahaan         : Lokasi strategis, terletak di kawasan

perkuliahan kota Singaraja, status bangunan milik pribadi sedangkan fasilitasnya lengkap.

 

2.1.2       Produk Yang Dihasilkan

Produk yang dihasilkan dari usaha ini khususnya adalah Undangan Pernikahan, baliho, spanduk, dan kartu nama. Dan pada umumnya segala jenis cetakan.

a.     Berbagai Jenis Undangan

Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan) berbagai jenis Undangan. Undangan yang akan di cetak akan di desain sebaik mungkin sesuai dengan permintaan konsumen. Dapat juga ditambahkan dengan ide ataupun saran dari karyawan yang bertugas sebagai desain grafis. Maka konsumen akan puas dengan hasil undangan yang akan di cetak, karena didesain dan di cetak dengan baik.

 

 

Gambar 1.1 Contoh Surat Undangan Pernikan

b.     Identitas Promosi Perusahaan/Lembaga

 

 Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan) berbagai jenis kartu nama yang menunjukkan identitas dan media promosi sebuah perusahaan/lembaga. Disajikan dalam berbagai macam pilihan bahan, ukuran, warna yang dapat di pilih sesuai dengan keinginan konsumen dengan harga yang terjangkau.

 

Gambar 1.2 Contoh Kartu Identitas

 

 

c.      Spanduk dan Baliho

Penyediaan layana percetakan spanduk merupakan produksi dari perusahaan ini, artinya mecetak spanduk mapun baliho digital merupakan pelayanan yang sering dilakukan di perusahaan ini. Hal ini tentunya menguntungkan bagi perusahaan tersebut mengingat letaknya yang strategis dan kebanyakan konsumen yang memesan adalah mahasiswa.

Gambar 1.3 Contoh Spanduk Digital

2.1.3       Gambaran Pasar

 

Gambaran pasar dari usaha ini sudah cukup jelas. Mengingat setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti ada berbagai keinginan yang memerlukan kartu nama, spanduk, maupun kartu undangan. Apalagi di zaman modern sekarang, hampir dipastikan dalam setiap melakukan acara seperti resepsi pernikahan memesan undangan untuk mengundang para teman dan saudara. Jadi, selama manusia masih hidup di muka bumi ini dan masih terus melaksanakan acara pernikahan, selama itu pula kebutuhan manusia akan undangan maupun spanduk akan tetap ada.  Ditinjau dari keadaan ekonomi masyarakat kota Singaraja yang cenderung mencari dan membeli barang yang murah tetapi tetap berkualitas, maka kami optimis bahwa produk yang dipasarkan akan banyak diminati oleh masyarakat. Tempat yang begitu strategis dari perusahaan ini tentunya sangat menguntungkan dalam segi pemasarannya. Sehingga terkait dengan keuntungan yang didapatkan pada perusahaan tersebut terjamin

 

 

2.2  Area Fungsional Percetakan Traffics of Op

Area fungsional merupakan sebuah modul-modul yang merupakan bagian dari seuah sistem di dalam perusahaan yang memiliki proses bisnis didalamnya. Setiap perusahaan memunyai area fungsional utama dari operasional yang harus diikuti. Beberapa area fungsional terdiri dari bermacam-macam fungsi bisnis, aktifitas bisnis dengan area fungsional dari operasionalnya. Berdasarkan area fungsionalnya, dikenal sejumlah sistem informasi fungsional. Jadi, sistem informasi ditunjukkan untuk memberikan informasi bagi kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan.

3       Marketing and Sales (M/S)

Area fungsional ini termasuk fungsi bisnis dari pemasaran, pemrosesan sales order, customer relationship management, customer support, sales forecasting, dan periklanan.

4       Supply Chain Management (SCM)

Area fungsional in termasuk fungsi bisnis dari pembelian, penerimaan, trasportasi/logistic, jadwal produksi, manufacturing, dan plant maintenance.

5       Accounting and Finance (A/F)

Area fungsional ini termasuk fungsi bisnis dari akuntansi keuangan, alokasi biaya dan control, perencanaan dan budgeting, dan cash-flow management.

6       Human Resources (HR)

Area fungsional ini termasuk fungsi ini termasuk fungsi bisnis dari perekrutan dan hiring, pelatihan pengajian, dan benefit.

 

Pada owner perusahaan yang kami wawancarai, yaitu percetakan Traffic yang berada di Jalan Udayana, No.2, Singaraja mengatakan bahwa “Sama seperti halnya Hardys, kami juga menanamkan cara yang sama. Memeiliki berbagai departemen seperti produksi, keuangan, pemasaran dan sistem pengajian, dll”. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka percetakan Traffic memiliki 4 area fungsional yang terdiri dari

 

2.2.1       Marketing and Sales (M/S)

Pada Percetakan traffic ada bagian yang menangani pengembangan produk dimana kemungkinan produk harus ditingkatkan, misalnya mencetak spanduk atau baliho berbagai jenis ukuran, membebaskan desain spanduk (dari pihak percetakan atau konsumen). Tentunya ketika sudah memiliki bahan produksi harus diperlukan promosi produk ke customer apakah melalui media social, pamphlet, brosur, dll. Pada perusahaan ini, untuk mempromosikan produknya dengan menggunakan media social, situs web, dan brosur. Pada pelayanan pesanan customer dilayani oleh 2 pekerja dari perusahaan tersebut.

Pada perusahaan ini juga menerapkan sistem diskon jika pelanggan pencetak spanduk atau baliho dengan jumlah yang banyak dan biasanya mahasiswa yang mencari danalah yang sering mendapatkan potongan harga dikarenakan terdapat kontrak dari kedua belah pihak (perusahaan menjadi sponsor)

 

2.2.2       Supply Chain Management (SCM)

Percetakan Traffic ini menyediakan seseorang yang menangani pembelian bahan baku, misalnya kertas undangan, tinta, kain, kertas karton, dll ke supplier. Tentunya tanpa bahn baku, peproses produksi tidak akan berjalan. Selain itu terdapat 3 orang yang menangani proses pembuatan produk. Misal pelanggan memesan sebuah spanduk, maka mulai dari M/S akan berkoordinasi dengan SCM, maka SCM akan membautkan spanduk sesuai dengan pesanan.

2.2.3       Accounting and Finance (A/F)

Perusahaan ini juga membuat data penjualan dengan mencatat data mentah mengenai transaksi termasuk penjualan, pembelian bahan baku, dan penerimaan kas dari pelanggan. Perusahaan traffic menggunakan 2 orang yang bekerja untuk mencatat berbagai transaksi yang dilakukan perusahaan tersebut.

 

2.2.4       Human Resources (HR)

Pada bagian area fungsional ini ditugaskan untuk merekrut karyawan, melatih karyawan dalam proses produksi, mengevaluasi pekerjaan dari karyawan dan menggaji karyawan.

 

2.3     Proses Bisnis Percatakan Traffic

 

Proses bisnis merupakan proses yang mutlak terjadi pada suatu perusahaan. Proses bisnis terjadi seuai dengan tugas dari masing-masing area fungsional. Pada percetakan Traffic terdapat berbaga proses bisnis. Berikut adalah proses bisnis yang terjad pada perusahaan tersebut, yaitu:

2.3.1       Marketing and Sales (M/S)

Pada area fungsional ini, terdapat tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input, proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:

1.     Input

3          Data pelanggan (Customer data)

4          Data pesanan (Order data)

5          Trend data penjualan (Sales trend data)

6          Harga per unit (Per-unit cost)

7          Kebijakan biaya pengiriman perusahaan (Travel expense company policy)

2.     Output

·       Strategi penjualan (Sales strategies)

·       Harga produk (Product pricing)

·       Kebutuhan pegawai (Employment needs)

 

3.     Proses

·       Pelanggan memesan pesanan cetakan (brosur, pamphlet, spanduk, kartu nama, dll)

·       Karyawan memantau banyaknya pelanggan yang memesan produk/jasa perusahaan

·       Karyawan mengembangkan produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Misalnya mengembangkan proses percetakan yaitu dengan mencetak spanduk atau baliho dengan berbagai ukuran.

·       Karyawan menangani pesanan dari customer atau pelanggan

·       Karyawan memberikan diskon kepada customer atau pelanggan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

2.3.2       Supply Chain Management (SCM)

Pada area fungsional ini, terdapat tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input, proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:

1.     Input

·       Data penjualan produk (Product sales data)

·       Rencana produksi (Production plans)

·       Level persediaan (Inventory levels)

2.     Output

·       Pesanan bahan baku (Raw material orders)

·       Kemasan pesanan (Packaging orders)

·       Data pembelanjaan sumber daya (Resource expenditure data)

·       Laporan produksi dan persediaan (Production and inventory reports)

·       Informasi perekrutan pegawai (Hiring information)

3.     Proses

·       Karyawan membuat produk sesuai dengan pesanan dari customer

·       Karyawan mengecek persediaan bahan baku

·       Karyawan membeli bahan baku seperti kain, tinta, karton, dll ke supplier.

2.3.3       Accounting and Finance (A/F)

Pada area fungsional ini, terdapat tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input, proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:

 

1.     Input

·       Pembayaran dari customer (Payments from customers)

·       Data piutang (Accounts receivable data)

·       Data hutang (Accounts payable data)

·       Data penjualan (Sales data)

·       Data produksi dan persediaan (Production and inventory data)

·       Data gaji dan belanja (Payroll and expense data)

2.     Output

·       Pembayaran ke supplyer (Payments to suppliers)

·       Laporan keuangan (Financial reports)

·       Data kredit customer (Customer credit data)

3.     Proses

·       Customer melakukan pembayaran ke kasir

·       Karyawan mencatat hutang dari customer maupun perusahaan

·       Perusahaan membayar hutang kepada supplier

·       Karyawan mencatat data mentah mengenai transaksi

2.3.4       Human Resources (HR)

Pada area fungsional ini, terdapat tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input, proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:

 

1.     Input

·       Prediksi personil (Personnel forecasts)

·       Data keterampilan (Skills data)

2.     Output

·       Peraturan pemenuhan (Regulation compliance)

·       Pelatihan dan sertifikasi karyawan (Employee training and certification)

·       Database keterampilan (Skills database)

·       Evaluasi dan kompensasi karyawan (Employee evaluation and compensation)

3.     Proses

·       Karyawan mendapatkan pelatihan dalam proses produksi (sesuai dengan tugas)

·       Karyawan melakukan evaluasi pekerjaan karyawan

·       Karyawan melakukan pengajian kepada karyawan

 

2.4     Hubungan Modul dengan Bisnis Proses yang diterapkan di Perusahaan Traffic Printing

Dari modul yang disebutkan diatas yang sesuai dengan bisnis proses di perusahaan Traffic Printing hubungan yang dimiliki antara modul dengan bisnis proses yang terjadi adalah :

1.       Master Data Management modul ini berubungan dengan ke sebelas bisnis proses yang ada di perusahaan Traffic Printing hal ini dikarenakan modul ini merupakan modul penginputan data dasar ke dalam software. 

2.       Procurement Management berhubungan dengan pemesanan bahan baku hubunganya dengan modul ini adalah dengan diberikan info tentang proses supply maka perusahaan dapat menentukan rencana dan anggaran yang dibutuhkan saat supply bahan produksi.

3.       Warehouse Management berhubungan dengan :

a)        Pemesanan dan penerimaan bahan baku hubungannya dengan modul ini yaitu dari hasil perencanaan dan penganggaran perusahaan dapat mengatur skala gudang dan dapat membuat stok yang sesuai.

b)       Penjualan produk di toko dan pesanan adalah hubungannya dengan modul ini yaitu dari hasil pemasran yang telah dilakukan kita dapat melihat stok produk yang ada dan menginformasikan kepada pelanggan, jika ada produk baru yang akan diminta oleh pelanggan kita dapat mencatat disini.

4.       Project and Service Management berhubungan dengan :

a)        Penerimaan karyawan hubunganya dengan modul ini adalah dengan adanya modul ini jenis pekerjaan yang dibutuhkan dapat diketahui sehingga saat perekrutan karyawan dapat dilihat apa karyawan yang melamar pekerjaan di perusahaan ini sesuai dengan kriteria yang diinginkan atau sesuai dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.

b)       Penggajian karyawan hubunganya dengan modul ini adalah dengan modul ini dapat dicatat berapa pengeluaran untuk gajih karyawan.

c)        Proses Komplain Pelanggan modul ini maka akan terjadi hubungan antara perusahaan dengan pembeli.

5.       Production Management berhubungan dengan :

a)        Pemesanan bahan baku dengan adanya modul ini kebutuhan yang diperlukan dan menyesuaikan dengan bahan baku yang bagus dapat dilihat. Sehingga dalam pemesanan bahan baku dapat direncanakan.

b)       Pemesanan dan penerimaan bahan baku hubungannya dengan modul ini adalah dengan adanya data produksi produk yang telah dicatat di modul ini perusahaan dapat mengetahui jumlah yang harus dibayar ke pemasok untuk harga bahan baku.

c)        Penjualan produk di toko dan pesanan hubungannya dengan modul ini adalah dimana informasi data tentang stok yang tersedia dan dengan data itu pegawai dapat melakukan pemasaran mengenai stok apa saja yang tersedia.

6.       Sales Management

a)        Laporan keuangan hubungannya dengan modul ini adalah dimana hasil pembayaran dari pelanggan dan pemasok dapat dimasukkan kedalam laporan keuangan.

b)       Produksi produk untuk stok dan pemesanan hubungannya dengan modul ini adalah dimana dengan proses Marketing Product, stok produk dapat dipasarkan dan menerima pesanan baru dari pelanggan.

c)        Pemasaran hubungannya dengan modul ini adalah dimana proses periklanan ini dapat dilakukan baik melalui sosial media dan lainlain.

 

 

7.       Financial Mangement and Accounting berhubungan dengan :

a)        Penggajian karyawan hubungannya adalah dengan modul ini data penggajian karyawan dapat dicatat dan di data.

b)       Pemesanan bahan baku hubungannya dengan modul ini proses transaksi dengan pemasok dapat dicatat dan di data.

8.       Business Intelligence berhubungan dengan 

a)        Penerimaan karyawan hubungannya adalah dengan modul ini data karyawan baru yang telah direkrut dapat dimasukkan ke dalam laporan.

b)       Penggajian karyawan hubungannya adalah dengan modul ini data penggajian karyawan dapat dimasukkan ke dalam laporan.

c)        Laporan keuangan hubungan adalah data transaksi yang terjadi antar pelanggan dan pemasok dapat dimasukkan ke dalam laporan.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Perusahaan merupakan sesuatu yang berhubungan dengan area fungsional dan proses bisnis. Dalam area fungsional terdapat empat modul yang dimiliki perusahaan salah satunya Percetakan Traffic, yaitu Marketing and Sales, Supply Chain Management, Accounting and Finance, dan Human Resources. Keempat modul tersebut memiliki berbagai tugas dan fungsi yang saling berkaitan. Di dalam area fungsional terdapat proses bisnis yang saling berhubungan pula.

Software OpenBravo merupakan salah satu aplikasi ERP yang berhubungan dengan proses bisnis. Softwar ini memiliki berbagai modul yang yang saling terintegrasi, yaitu Procurement Management, Production Management, Sales Management, Financial Management, dan Master Data Management.

 

3.2  Saran

Pada wawancara yang kami lakukan terkait dengan owner percetakan Traffic, kami menemukan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut. Terkait dengan hal itu, yaitu tentang biaya produksi yang begitu mahal terkait dolar naik, kami memberikan saran, mungkin terlebih dahulu analisa terkait dengan banyaknya pelanggan yang dimiliki perusahaan tersebut. Jika pelanggan yang dimiliki cukup banyak, mungkin bisa dinaikkan harga percetakan tersebut sekitar 10%-20%. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut sudah memiliki dasar penjualan, yaitu sudah memiliki pelanggan dan tempat lingkungan yang menguntungkan. Selain itu, pencarian bahan baku juga menjadi solusinya, yaitu dengan mencari bahan baku yang tidak jauh dengan kualitas yang biasanya dengan harga yang relative lebih murah.

 

Daftar Pustaka

Aditya, Eka. 2016. Analisis Proses Bisnis. Dalam http://www.distrodoc.com/122128-makalah-analisis-proses-bisnis. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2016.

Zuhaerini, Andi.2016. Manajemen Proses Bisnis. Dalam http://www. academia.edu/8798211/Manajemen_Proses_Bisnis. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2016

 



 

No comments:

Post a Comment