Untuk File Rapi dan Lengkap dalam bentuk .DOC silahkan download DISINI
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi
Wasa, karena berkat rahmatnya, kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Fungsi Area dan Bisnis Proses pada Usaha Percetakan
Traffic” ini
tetap pada waktunya.
Dalam
penyusunan makalah ini, kami mengambil materi bahasan dari beberapa sumber
seperti dari Internet, dan berbagai sumber lainnya. Tidak lupa pula mengucapkan
banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak dalam
penyusunan makalah ini sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Penulis
berharap dengan disusunnya makalah ini dapat menjadikan salah satu sumber
bacaan yang dapat beguna bagi para pembaca.
Penulis
menyadari tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula pada makalah yang kami
susun ini. Penulissangat menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat pada
bahasan makalah yang kami susun, sehingga tidak lupa pula meminta kritik dan
saran membangun dari pembaca agar dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan
selanjutnya.
Akhir
kata penulis mengharapkan makalah yang kami susun ini dapat memberikan manfaat
bagi kita sekalian, dan mohon maaf atas segala kekurangan pada makalah ini.
Singaraja,
2 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
2.1 Gambaran
Umum Usaha Percetakan Traffic
2.2 Area
Fungsional Percetakan Traffics
2.2.1 Marketing
and Sales (M/S)
2.2.2 Supply Chain Management (SCM)
2.2.3 Accounting and Finance (A/F)
2.3 Proses
Bisnis Percatakan Traffic
2.3.1 Marketing
and Sales (M/S)
2.3.2 Supply Chain Management (SCM)
2.3.3 Accounting and Finance (A/F)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Manajemen
bisnis merupakan upaya pengaturan secara menyeluruh guna menjalankan sebuah
usaha bisnis yang profesional dan menghasilkan tujuan bisnis yang diinginkan.
Manajemen bisnis dibutuhkan dalam rangka tercapainya sebuah tujuan sebuah usaha
bisnis baik dari aspek profit maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh
pihak pengelola bisnis.
Sebuah
proses pengaturan diperlukan agar sebuah usaha tidak sembarangan, mampu
melakukan perencanaan, target-target yang diinginkan serta dapat mengantisipasi
berbagai kemungkinan sebuah resiko usaha bisnis. Sebuah langkah profesional
yang dilakukan sebelum merancang sebuah manajemen bisnis biasanya dilakukan
dengan membuat sebuah rancangan global sebuah bisnis atau yang dikenal dengan
business plan. Beberapa hal yang menjadi patokan utama manajemen bisnis
diantaranya adalah beberapa hal berikut ini:
·
Manajemen
produksi
Manajemen produksi merupakan pengaturan
dan perencanaan terkait ketersediaan bahan pembuatan maupun bahan jadi yang
siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang
produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik
sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
·
Manajemen
pemasaran
Manajemen bisnis di bidang pemasaran
menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil
dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya
untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah
manajemen pemasaran.
Tanpa
adanya sebuah manajemen pemasaran yang baik, maka sebuah perusahaan mengalami
kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income yang diperoleh. Pemasaran
memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah perusahaan. Produk atau jasa
yang kurang bermutupun bisa terjual laris apabila perusahaan Anda memiliki
seorang manajer pemasaran yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan
dalam merancang sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.
·
Manajemen
distribusi
Manajemen bisnis di bidang distribusi
memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan
dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka
marketing juga terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa
kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi
tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
·
Manajemen
finansial
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha
bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah
perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu
dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Tanpa
adanya sebuah manajemen bisnis yang baik di bidang keuangan, maka biasanya
perusahaan tidak mendapatkan data keuangan yang jelas. Hal ini biasa dialami
oleh para pengelola bisnis kecil yang masih amatiran, dimana manajemen keuangan
jarang diperhatikan sehingga untung atau ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit
ditentukan.
Beberapa
bentuk manajemen bisnis di atas sangat penting diperhatikan oleh para pengelola
usaha bisnis yang ingin sukses dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa
adanya sebuah manajemen yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan mampu
berjalan dengan baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya
Suatu
perusahaan tentunya tidak terlepas dari yang namanya areal fugsional dan sistem
bisnis. Setiap perusahaan tentunya memiliki sistem bisnis yang mana terdapat manajemen
bisnis didalamnya. Untuk mengetahui salah satu ciri, sistem bisnis dan area
fungsional dalam suatu perusahaan, maka kami membuat makalah yang berjudul “Fungsi Area dan Bisnis
Proses pada Usaha Percetakan Traffic”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
permasalahan pada latar belakang, maka penulis memiliki rumusan masalah yang
dijadikan dasar pada makalah ini, yaitu:
1. Bagaimana
gambaran umum Usaha Percetakan Traffic?
2. Bagaimana
area fungsional yang dimiliki Usaha Percetakan Traffic?
3. Apa saja
proses bisnis yang dimiliki Usaha Percetakan Traffic?
4. Apa
software ERP yang terkait dengan proses bisnis pada Usaha Percetakan Traffic?
1.3 Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka penulis memiliki tujuan dalam makalah ini, yaitu:
1. Untuk
mengetahui gambaran umum Usaha Percetakan Traffic
2. Untuk
mengetahui area fungsional pada Usaha Percetakan Traffic
3. Untuk
mengetahui proses bisnis pada Usaha Percetakan Traffic
4. Untuk
mengetahui software ERP yang terkait dengan proses bisnis pada Usaha Percetakan
Traffic
1.4 Manfaat
Adapun
manfaat dalam pembuatan makalah ini, yaitu:
1. Menambah
ilmu pengetahuan khususnya di bidang sistem bisnis tentang
2. Mengasah
pikiran untuk menganalisa permaslahan di lingkungan dan mencari jalan keluar
untuk memecahkan permasalahan tersebut.
3. Menambah
wawasan terkait dengan penggunaan area fungional terkait dengan perusahaan
4. Mengetahui
aplikasi yang terkait dengan sistem bisnis khusunya aplikai ERP.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Gambaran
Umum Usaha Percetakan Traffic
Percetakan Traffic merupakan sebuah usaha yang sedang
maju di Singaraja. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan yang menguntungkan,
yaitu terledak di dekat kampus UNDIKSHA. Berbagai kegiatan dilakukan di kampus
tersebut, sehingga diperlukan percetakan dalam membantu mencetak kartu nama,
spanduk, baliho guna untuk melancarkan kegiatan tersebut.
Percetakan Traffic sudah dikenali oleh masyarakat
Singaraja yang terkenal dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh
perusahaan tersebut, yaitu Undangan pernikahan yang selalu berbeda-beda
(special design), produk yang di hasilkan sesuai dengan permintaan pelanggan,
Pemberian potongan harga (diskon) bagi pelanggan yang memesan banyak,
Perancangan produk yang terus di kembangkan dengan desain-desain baru yang
menarik, Penguasaan teknologi produksi sehingga mampu menghasilkan produk
dengan kualitas tinggi.
Percetakan Traffic yang memiliki data perusahaan yang
meliputi data perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, E-mail, gambaran
pasar yang mana data perusahaan ini akan mencerminkan usaha ini bergerak dalam
bidang apa dan produk atau jasa apa yang diproduksi oleh perusahaan ini.
Berikut adalah data dari perusahaan yang penulis dapatkan dari melakukan
wawancara:
2.1.1 Data Perusahaan
Nama Usaha |
|
|
:
Percetakan Traffic |
Bidang Usaha |
|
|
:
Percetakan |
Jenis Produk/Jasa |
|
|
:
Undangan Pernikahan, Undangan Khitanan, Baliho, Spanduk, Kartu Nama, dan
Segala Jenis Cetakan |
Alamat Perusahaan |
|
|
:
Jalan Udayana, No. 2, Singaraja, Bali. |
Nomor Telepon |
|
|
:
0878
6329 5999 |
Facebook |
|
|
:
Traffic
digital printing&advertising |
Situs Web |
|
|
:
http://trafficdigitalprinting.blogspot.co.id/ |
Mulai Berdiri |
|
|
:
2008 |
Lokasi dan
fasilitas Perusahaan : Lokasi strategis,
terletak di kawasan
perkuliahan
kota Singaraja, status bangunan milik pribadi sedangkan fasilitasnya lengkap.
2.1.2 Produk Yang
Dihasilkan
Produk yang dihasilkan dari usaha ini
khususnya adalah Undangan Pernikahan, baliho, spanduk, dan kartu nama. Dan pada
umumnya segala jenis cetakan.
a.
Berbagai
Jenis Undangan
Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan) berbagai
jenis Undangan. Undangan yang akan di cetak akan di desain sebaik mungkin
sesuai dengan permintaan konsumen. Dapat juga ditambahkan dengan ide ataupun
saran dari karyawan yang bertugas sebagai desain grafis. Maka konsumen akan
puas dengan hasil undangan yang akan di cetak, karena didesain dan di cetak
dengan baik.
Gambar
1.1 Contoh Surat Undangan Pernikan
b.
Identitas Promosi Perusahaan/Lembaga
Menyediakan layanan jasa cetak (percetakan)
berbagai jenis kartu nama yang menunjukkan identitas dan media promosi sebuah
perusahaan/lembaga. Disajikan dalam berbagai macam pilihan bahan, ukuran, warna
yang dapat di pilih sesuai dengan keinginan konsumen dengan harga yang
terjangkau.
Gambar 1.2 Contoh Kartu Identitas
c. Spanduk dan Baliho
Penyediaan
layana percetakan spanduk merupakan produksi dari perusahaan ini, artinya
mecetak spanduk mapun baliho digital merupakan pelayanan yang sering dilakukan
di perusahaan ini. Hal ini tentunya menguntungkan bagi perusahaan tersebut
mengingat letaknya yang strategis dan kebanyakan konsumen yang memesan adalah
mahasiswa.
Gambar
1.3 Contoh Spanduk Digital
2.1.3 Gambaran Pasar
Gambaran pasar dari usaha ini sudah cukup jelas.
Mengingat setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti ada berbagai keinginan
yang memerlukan kartu nama, spanduk, maupun kartu undangan. Apalagi di zaman
modern sekarang, hampir dipastikan dalam setiap melakukan acara seperti resepsi
pernikahan memesan undangan untuk mengundang para teman dan saudara. Jadi,
selama manusia masih hidup di muka bumi ini dan masih terus melaksanakan acara
pernikahan, selama itu pula kebutuhan manusia akan undangan maupun spanduk akan
tetap ada. Ditinjau dari keadaan ekonomi
masyarakat kota Singaraja yang cenderung mencari dan membeli barang yang murah
tetapi tetap berkualitas, maka kami optimis bahwa produk yang dipasarkan akan banyak
diminati oleh masyarakat. Tempat yang begitu strategis dari perusahaan ini
tentunya sangat menguntungkan dalam segi pemasarannya. Sehingga terkait dengan
keuntungan yang didapatkan pada perusahaan tersebut terjamin
2.2
Area Fungsional
Percetakan Traffics of Op
Area fungsional merupakan sebuah
modul-modul yang merupakan bagian dari seuah sistem di dalam perusahaan yang
memiliki proses bisnis didalamnya. Setiap perusahaan memunyai area fungsional utama dari operasional
yang harus diikuti. Beberapa area fungsional terdiri dari bermacam-macam fungsi
bisnis, aktifitas bisnis dengan area fungsional dari operasionalnya. Berdasarkan
area fungsionalnya, dikenal sejumlah sistem informasi fungsional. Jadi, sistem
informasi ditunjukkan untuk memberikan informasi bagi kelompok orang yang berada
pada bagian tertentu dalam perusahaan.
3
Marketing and Sales (M/S)
Area
fungsional ini termasuk fungsi bisnis dari pemasaran, pemrosesan sales order,
customer relationship management, customer support, sales forecasting, dan
periklanan.
4
Supply Chain Management (SCM)
Area
fungsional in termasuk fungsi bisnis dari pembelian, penerimaan,
trasportasi/logistic, jadwal produksi, manufacturing, dan plant maintenance.
5
Accounting and Finance (A/F)
Area
fungsional ini termasuk fungsi bisnis dari akuntansi keuangan, alokasi biaya
dan control, perencanaan dan budgeting, dan cash-flow management.
6
Human Resources (HR)
Area
fungsional ini termasuk fungsi ini termasuk fungsi bisnis dari perekrutan dan
hiring, pelatihan pengajian, dan benefit.
Pada
owner perusahaan yang kami wawancarai, yaitu percetakan Traffic yang berada di
Jalan Udayana, No.2, Singaraja mengatakan bahwa “Sama seperti halnya Hardys,
kami juga menanamkan cara yang sama. Memeiliki berbagai departemen seperti
produksi, keuangan, pemasaran dan sistem pengajian, dll”. Berdasarkan
pernyataan tersebut, maka percetakan Traffic memiliki 4 area fungsional yang
terdiri dari
2.2.1 Marketing and Sales (M/S)
Pada Percetakan traffic ada bagian yang
menangani pengembangan produk dimana kemungkinan produk harus ditingkatkan,
misalnya mencetak spanduk atau baliho berbagai jenis ukuran, membebaskan desain
spanduk (dari pihak percetakan atau konsumen). Tentunya ketika sudah memiliki
bahan produksi harus diperlukan promosi produk ke customer apakah melalui media
social, pamphlet, brosur, dll. Pada perusahaan ini, untuk mempromosikan
produknya dengan menggunakan media social, situs web, dan brosur. Pada
pelayanan pesanan customer dilayani oleh 2 pekerja dari perusahaan tersebut.
Pada perusahaan ini juga menerapkan sistem
diskon jika pelanggan pencetak spanduk atau baliho dengan jumlah yang banyak
dan biasanya mahasiswa yang mencari danalah yang sering mendapatkan potongan
harga dikarenakan terdapat kontrak dari kedua belah pihak (perusahaan menjadi
sponsor)
2.2.2 Supply Chain
Management (SCM)
Percetakan Traffic ini menyediakan
seseorang yang menangani pembelian bahan baku, misalnya kertas undangan, tinta,
kain, kertas karton, dll ke supplier. Tentunya tanpa bahn baku, peproses
produksi tidak akan berjalan. Selain itu terdapat 3 orang yang menangani proses
pembuatan produk. Misal pelanggan memesan sebuah spanduk, maka mulai dari M/S
akan berkoordinasi dengan SCM, maka SCM akan membautkan spanduk sesuai dengan
pesanan.
2.2.3 Accounting and
Finance (A/F)
Perusahaan
ini juga membuat data penjualan dengan mencatat data mentah mengenai transaksi
termasuk penjualan, pembelian bahan baku, dan penerimaan kas dari pelanggan.
Perusahaan traffic menggunakan 2 orang yang bekerja untuk mencatat berbagai
transaksi yang dilakukan perusahaan tersebut.
2.2.4 Human Resources
(HR)
Pada
bagian area fungsional ini ditugaskan untuk merekrut karyawan, melatih karyawan
dalam proses produksi, mengevaluasi pekerjaan dari karyawan dan menggaji
karyawan.
2.3
Proses Bisnis Percatakan Traffic
Proses
bisnis merupakan proses yang mutlak terjadi pada suatu perusahaan. Proses
bisnis terjadi seuai dengan tugas dari masing-masing area fungsional. Pada
percetakan Traffic terdapat berbaga proses bisnis. Berikut adalah proses bisnis
yang terjad pada perusahaan tersebut, yaitu:
2.3.1 Marketing and Sales (M/S)
Pada area fungsional ini,
terdapat tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula
input, proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:
1. Input
3
Data pelanggan (Customer data)
4
Data pesanan (Order data)
5
Trend data penjualan (Sales trend data)
6
Harga per unit (Per-unit cost)
7
Kebijakan biaya pengiriman perusahaan (Travel expense
company policy)
2. Output
·
Strategi penjualan (Sales strategies)
·
Harga produk (Product pricing)
·
Kebutuhan pegawai (Employment needs)
3. Proses
·
Pelanggan memesan pesanan cetakan (brosur, pamphlet, spanduk, kartu
nama, dll)
·
Karyawan memantau banyaknya pelanggan yang memesan produk/jasa
perusahaan
·
Karyawan mengembangkan produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Misalnya mengembangkan proses percetakan yaitu dengan mencetak spanduk atau
baliho dengan berbagai ukuran.
·
Karyawan menangani pesanan dari customer atau pelanggan
·
Karyawan memberikan diskon kepada customer atau pelanggan sesuai dengan kebijakan
perusahaan.
2.3.2 Supply Chain
Management (SCM)
Pada area fungsional ini, terdapat
tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input,
proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:
1.
Input
·
Data penjualan produk (Product sales data)
·
Rencana produksi (Production plans)
·
Level persediaan (Inventory levels)
2.
Output
·
Pesanan bahan baku (Raw material orders)
·
Kemasan pesanan (Packaging orders)
·
Data pembelanjaan sumber daya (Resource expenditure data)
·
Laporan produksi dan persediaan (Production and inventory
reports)
·
Informasi perekrutan pegawai (Hiring information)
3.
Proses
·
Karyawan membuat produk
sesuai dengan pesanan dari customer
·
Karyawan mengecek
persediaan bahan baku
·
Karyawan membeli bahan
baku seperti kain, tinta, karton, dll ke supplier.
2.3.3 Accounting and
Finance (A/F)
Pada area fungsional ini, terdapat
tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input,
proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:
1.
Input
·
Pembayaran dari customer (Payments from customers)
·
Data piutang (Accounts receivable data)
·
Data hutang (Accounts payable data)
·
Data penjualan (Sales data)
·
Data produksi dan persediaan (Production and inventory data)
·
Data gaji dan belanja (Payroll and expense data)
2.
Output
·
Pembayaran ke supplyer (Payments to suppliers)
·
Laporan keuangan (Financial reports)
·
Data kredit customer (Customer credit data)
3.
Proses
·
Customer melakukan
pembayaran ke kasir
·
Karyawan mencatat hutang
dari customer maupun perusahaan
·
Perusahaan membayar
hutang kepada supplier
·
Karyawan mencatat data
mentah mengenai transaksi
2.3.4 Human Resources
(HR)
Pada area fungsional ini, terdapat
tugas-tugasnya seperti yang dijelaskan di atas. Tentunya terdapat pula input,
proses, dan output dari area fungsional ini, yaitu:
1.
Input
·
Prediksi personil (Personnel forecasts)
·
Data keterampilan (Skills data)
2.
Output
·
Peraturan pemenuhan (Regulation compliance)
·
Pelatihan dan sertifikasi karyawan (Employee training and
certification)
·
Database keterampilan (Skills database)
·
Evaluasi dan kompensasi karyawan (Employee evaluation and
compensation)
3.
Proses
·
Karyawan mendapatkan
pelatihan dalam proses produksi (sesuai dengan tugas)
·
Karyawan melakukan
evaluasi pekerjaan karyawan
·
Karyawan melakukan
pengajian kepada karyawan
2.4 Hubungan Modul dengan Bisnis Proses yang diterapkan di Perusahaan
Traffic Printing
Dari modul yang disebutkan diatas yang sesuai dengan
bisnis proses di perusahaan Traffic Printing hubungan yang dimiliki antara
modul dengan bisnis proses yang terjadi adalah :
1.
Master Data Management
modul ini berubungan dengan ke sebelas bisnis proses yang ada di perusahaan
Traffic Printing hal ini dikarenakan modul ini merupakan modul penginputan data
dasar ke dalam software.
2.
Procurement Management
berhubungan dengan pemesanan bahan baku hubunganya dengan modul ini adalah
dengan diberikan info tentang proses supply maka perusahaan dapat menentukan
rencana dan anggaran yang dibutuhkan saat supply bahan produksi.
3.
Warehouse Management berhubungan
dengan :
a)
Pemesanan dan penerimaan
bahan baku hubungannya dengan modul ini yaitu dari hasil perencanaan dan
penganggaran perusahaan dapat mengatur skala gudang dan dapat membuat stok yang
sesuai.
b)
Penjualan produk di toko
dan pesanan adalah hubungannya dengan modul ini yaitu dari hasil pemasran yang
telah dilakukan kita dapat melihat stok produk yang ada dan menginformasikan
kepada pelanggan, jika ada produk baru yang akan diminta oleh pelanggan kita
dapat mencatat disini.
4.
Project and Service Management
berhubungan dengan :
a)
Penerimaan karyawan
hubunganya dengan modul ini adalah dengan adanya modul ini jenis pekerjaan yang
dibutuhkan dapat diketahui sehingga saat perekrutan karyawan dapat dilihat apa
karyawan yang melamar pekerjaan di perusahaan ini sesuai dengan kriteria yang
diinginkan atau sesuai dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan.
b)
Penggajian karyawan
hubunganya dengan modul ini adalah dengan modul ini dapat dicatat berapa
pengeluaran untuk gajih karyawan.
c)
Proses Komplain Pelanggan
modul ini maka akan terjadi hubungan antara perusahaan dengan pembeli.
5.
Production Management
berhubungan dengan :
a)
Pemesanan bahan baku
dengan adanya modul ini kebutuhan yang diperlukan dan menyesuaikan dengan bahan
baku yang bagus dapat dilihat. Sehingga dalam pemesanan bahan baku dapat
direncanakan.
b)
Pemesanan dan penerimaan
bahan baku hubungannya dengan modul ini adalah dengan adanya data produksi
produk yang telah dicatat di modul ini perusahaan dapat mengetahui jumlah yang
harus dibayar ke pemasok untuk harga bahan baku.
c)
Penjualan produk di toko
dan pesanan hubungannya dengan modul ini adalah dimana informasi data tentang
stok yang tersedia dan dengan data itu pegawai dapat melakukan pemasaran
mengenai stok apa saja yang tersedia.
6.
Sales Management
a)
Laporan keuangan
hubungannya dengan modul ini adalah dimana hasil pembayaran dari pelanggan dan
pemasok dapat dimasukkan kedalam laporan keuangan.
b)
Produksi produk untuk
stok dan pemesanan hubungannya dengan modul ini adalah dimana dengan proses
Marketing Product, stok produk dapat dipasarkan dan menerima pesanan baru dari
pelanggan.
c)
Pemasaran hubungannya
dengan modul ini adalah dimana proses periklanan ini dapat dilakukan baik
melalui sosial media dan lainlain.
7.
Financial Mangement and
Accounting berhubungan dengan :
a)
Penggajian karyawan
hubungannya adalah dengan modul ini data penggajian karyawan dapat dicatat dan di
data.
b)
Pemesanan bahan baku
hubungannya dengan modul ini proses transaksi dengan pemasok dapat dicatat dan
di data.
8.
Business Intelligence
berhubungan dengan
a)
Penerimaan karyawan
hubungannya adalah dengan modul ini data karyawan baru yang telah direkrut
dapat dimasukkan ke dalam laporan.
b)
Penggajian karyawan
hubungannya adalah dengan modul ini data penggajian karyawan dapat dimasukkan
ke dalam laporan.
c)
Laporan keuangan hubungan
adalah data transaksi yang terjadi antar pelanggan dan pemasok dapat dimasukkan
ke dalam laporan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Perusahaan merupakan sesuatu yang
berhubungan dengan area fungsional dan proses bisnis. Dalam area fungsional
terdapat empat modul yang dimiliki perusahaan salah satunya Percetakan Traffic,
yaitu Marketing and Sales, Supply Chain Management, Accounting and Finance, dan Human Resources.
Keempat modul tersebut memiliki berbagai tugas dan fungsi yang saling
berkaitan. Di dalam area fungsional terdapat proses bisnis yang saling
berhubungan pula.
Software OpenBravo merupakan salah satu aplikasi ERP
yang berhubungan dengan proses bisnis. Softwar ini memiliki berbagai modul yang
yang saling terintegrasi, yaitu Procurement Management,
Production Management, Sales Management, Financial Management, dan Master Data
Management.
3.2 Saran
Pada wawancara
yang kami lakukan terkait dengan owner percetakan Traffic, kami menemukan
permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut. Terkait dengan hal itu,
yaitu tentang biaya produksi yang begitu mahal terkait dolar naik, kami
memberikan saran, mungkin terlebih dahulu analisa terkait dengan banyaknya
pelanggan yang dimiliki perusahaan tersebut. Jika pelanggan yang dimiliki cukup
banyak, mungkin bisa dinaikkan harga percetakan tersebut sekitar 10%-20%. Hal
ini dikarenakan perusahaan tersebut sudah memiliki dasar penjualan, yaitu sudah
memiliki pelanggan dan tempat lingkungan yang menguntungkan. Selain itu,
pencarian bahan baku juga menjadi solusinya, yaitu dengan mencari bahan baku
yang tidak jauh dengan kualitas yang biasanya dengan harga yang relative lebih
murah.
Daftar Pustaka
Aditya,
Eka. 2016. Analisis Proses Bisnis.
Dalam http://www.distrodoc.com/122128-makalah-analisis-proses-bisnis. Diakses
pada tanggal 1 Oktober 2016.
No comments:
Post a Comment